Kamis, 01 Maret 2012

SAP UNIT 4 LOGISTIC Lesson 1 : Procurement

1. Jelaskan proses procurement dan bagaimana integrasinya terhadap SAP

Pengadaan adalah mySAP ERP tidak hanya mencakup proses tradisional seperti requistioning, manajemen pesanan pembelian, faktur dan verifikasi, tetapi juga katalog berbasis swalayan requistioning untuk pemeliharaan. Perbaikan, dan (MRO) operasi bahan dan jasa.
Integrasi katalog diperluas untuk operasi pemeliharaan dan manajemen proyek.

2. Beda antara procurement tradisional dan SAP


Pengadaan adalah mySAP ERP tidak hanya mencakup proses tradisional seperti requistioning, manajemen pesanan pembelian, faktur dan verifikasi, tetapi juga katalog berbasis swalayan requistioning untuk pemeliharaan. Perbaikan, dan (MRO) operasi bahan dan jasa.

3. Jelaskan MRO (maintenance, repair dan operations)

katalog berbasis swalayan requisitioning untuk pemeliharaan. Perbaikan, dan (MRO) operasi bahan dan jasa.

4. Bagaimana Procurement di SAP ERP meingkatkan proses procurement?

Pengadaan di mySAP ERP meningkatkan proses pengadaan dengan memfasilitasi pelaporan rencana-driven dan ad hoc pembelian, manajemen persediaan lengkap, dan cerdas di semua kegiatan pengadaan

5. Gambarkan proses procurement :

1.demand determination
2.source determination
3.supplier selection
4.purchase order processing
5.order monitoring
6.goods receipt
7.invoice verificatif
8.payment processing

6. Jelaskan determination of requirement!apakah bisa dibuat secara manual atau otomatis oleh SAP

Anda dapat memasukkan permintaan pembelian sendiri atau mereka dapat dihasilkan secara otomatis oleh perencanaan bahan dan sistem kontrol.

7. Source determination

Penentuan sumber membantu mengidentifikasi potensi sumber pasokan berdasarkan pesanan terakhir dan sudah ada perjanjian pembelian jangka panjang ini akan mempercepat proses menciptakan surat permintaan harga , yang dapat dikirim ke vendor elektronik melalui EDI, jika diinginkan


8. Dapat dibuat dari informasi mana?

Hal ini mempercepat proses menciptakan permintaan penawaran harga (RFQ), yang dapat dikirim ke vendor elektronik melalui EDI, jika diinginkan.

9. Apa itu Request for Quotation (RFQ’s)

Surat permintaan harga yang diminta oleh calon pembeli kepada perusahaan .

10. Vendor selection and comparison of quotation

pemilihan vendor dan perbandingan dari kutipan adalah sistem ini mampu mensimulasikan skenario harga, yang memungkinkan Anda untuk membandingkan beberapa kutipan yang berbeda, surat penolakan dapat dikirim secara otomatis

11. Purchase order creation

penciptaan Pembelian agar mengadopsi informasi dari permintaan dan quatitation untuk membantu Anda membuat pesanan pembelian, seperti permintaan pembelian Anda dapat menghasilkan pesanan pembelian sendiri atau memiliki sistem menghasilkan secara otomatis

12. Darimana informasi didapatkan untuk membuat purchase order creation?

Seperti permintaan pembelian, Anda dapat menghasilkan pesanan pembelian sendiri atau memiliki sistem menghasilkan secara otomatis.

13. Apakah SAP bisa mengeluaarkan sendiri PO?

Perjanjian penjadwalan vendor dan kontrak (dalam sistem SAP, jenis jangka panjang perjanjian jual beli) juga didukung.

14. Bagaimana dengan Vendor scheduling agreement dan contract?


Perjanjian penjadwalan vendor dan kontrak (dalam sistem SAP, jenis jangka panjang perjanjian jual beli) juga didukung

15. Jelaskan purchase order follow up

Menindaklanjuti Pesanan pembelian adalah sistem memeriksa periode pengingat Sudah ditentukan dan, jika perlu, secara otomatis mencetak pengingat atau expediters pada interval yang telah ditentukan sistem juga menyediakan dengan status terkini semua status permintaan pembelian, kutipan, dan pesanan pembelian

16. Apa saja yang disediakan oleh SAP untuk PO Follow up ini?


Sistem ini juga menyediakan Anda dengan status terkini dari semua permintaan pembelian, kutipan, dan pesanan pembelian.

17. Jelaskan good receiving and inventory management

Barang menerima personil dapat mengkonfirmasi penerimaan barang hanya dengan memasukan nomor pesanan pembelian. dengan menetapkan toleransi yang diijinkan, pembeli dapat membatasi atas dan di bawah pengiriman barang yang dipesan

18. Bagaimana memberikan konfirm terhadap penerimaan barang?

Dengan menetapkan toleransi diperbolehkan, pembeli dapat membatasi kelebihan dan kekurangan pengiriman barang yang dipesan ..

19. Jelaskan invoice verification

Verifikasi faktur adalah sistem mendukung pemeriksaan dan pencocokan faktur petugas hutang diberitahu varians kuantitas dan harga karena sistem memiliki akses untuk membeli data pesanan dan barang diterima. kecepatan proses audit dan faktur kliring untuk pembayaran.

20. Bagaimana SAP melakukan verfikasi terhadap invoice?

Petugas hutang diberitahu varians kuantitas dan harga karena sistem memiliki akses untuk membeli data pesanan dan barang diterima.

21. Jelaskan yang dimaksud dengan Purchase Orders (PO)


Sebuah pesanan pembelian adalah permintaan resmi ke vendor untuk memasok barang atau jasa tertentu di bawah kondisi yang disebutkan

22. Sebutkan empat sumber pembuatan PO

Dapat membuat pesanan pembelian tanpa referensi, atau dengan mengacu pada permintaan pembelian, permintaan untuk kutip, atau lain pesanan pembelian.

23. Bagaimana mengantarkan PO kepada Supplier?


Bila Anda memasukkan data pesanan pembelian, sistem menunjukkan nilai default.
Sebagai contoh, sistem menunjukkan alamat pemesanan, serta hal pembayaran dan pengiriman (Incoterms) dari rekaman master vendor.
Jika Anda telah mempertahankan master bahan untuk bahan tertentu dalam sistem SAP, sistem menunjukkan teks singkat materi atau kelompok material, misalnya.
Jika rekor Info pembelian sudah ada dalam sistem, sistem salinan proposal harga untuk pesanan pembelian.

24. Jelaskan self service procurement

Pengadaan swalayan memungkinkan karyawan untuk membuat dan mengelola daftar permintaan mereka sendiri

25. Jelaskan self service requisitioning


Berarti membeli tidak ada barang strategis, yaitu, barang tidak langsung terkait dengan rantai nilai (sering disebut MRO: pemeliharaan, perbaikan, dan operasi item).

26. Jelaskan inventory Management

Proses pengadaan disimpulkan oleh proses verifikasi faktur, selama faktur dan memo kredit masuk dan isi dan harga diperiksa untuk akurasi. Namun, pembayaran dan evaluasi faktur bukan bagian dari verifikasi faktur; informasi yang sesuai untuk tugas-tugas diteruskan ke departemen lain. Verifikasi faktur, oleh karena itu, menciptakan hubungan antara Pengadaan dan Akuntansi.

27. Jelaskan mafaat mempostingkan goods receipt to stoct with reference to PO

Barang menerima point dapat memeriksa apakah pengiriman adalah sama dengan data pesanan pembelian, yaitu, apakah barang yang dipesan telah disampaikan.

28. Jelaskan invoice verification

Proses pengadaan disimpulkan oleh proses verifikasi faktur, selama faktur dan memo kredit masuk dan isi dan harga diperiksa untuk akurasi.

29. Manfaat invoice verification dalam menghubungkan antara ......

Verifikasi faktur, oleh karena itu, menciptakan hubungan antara Pengadaan dan Akuntansi. Bila Anda memasukkan faktur dengan mengacu pada order pembelian, sistem menunjukkan data dari pesanan pembelian dan penerimaan barang untuk pesanan pembelian (misalnya, vendor, bahan, kuantitas masih harus ditagih, syarat pembayaran, dan sebagainya) .

30. Bagaimana SAP memperingatkan kalau terjadi masalah dengan invoice verification?

pembayaran dan evaluasi faktur bukan bagian dari verifikasi faktur; informasi yang sesuai untuk tugas-tugas diteruskan ke departemen lain

31. Jelaskan message sehubungan dengan purchasing documents

Anda dapat mengeluarkan semua dokumen pembelian sebagai pesan. Setiap kali Anda membuat sebuah RFQ (Request for quotation), pesanan pembelian, kontrak atau perjanjian penjadwalan, sistem ini dapat membuat pesan dari dokumen terpengaruh. Pesan ini kemudian ditempatkan dalam antrian pesan.

32. Pilihan-pilihan untuk mengeluarkan message

Untuk mengeluarkan pesan (dengan mencetak, fax e-mail,, atau EDI) dari antrian pesan, Anda memiliki pilihan berikut:
Mengeluarkan segera:
- Sistem isu pesan langsung dari antrian, dengan kata lain, segera setelah Anda menyimpan dokumen.
Menerbitkan kemudian:
- Entah Anda menjadwalkan pekerjaan latar belakang yang proses antrian pesan dalam interval ditentukan, atau Anda mulai masalah ini langsung dari menu pembelian.
- Sebagai aturan, Anda mengeluarkan pesan menggunakan latar belakang pekerjaan dan mulai masalah secara manual hanya sebagai pengecualian (seperti untuk perintah terburu-buru).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar